Selasa, 22 November 2016

RESENSI DIARY SI BOCAH TENGIL 1


POTONGAN KEJU BUSUK
                            
Judul Buku                  : Diary Si Bocah Tengil “Diary of a Wimpy Kid
Pengarang                   : Jeff Kinney
ISBN                           : 978-979-1411-20-2
Penerbit                       : Atria
Tahun Terbit                : Februari 2012
Penerjemah                  : Ferry Halim
Penyunting                  : Annisa W
Pewajah Isi                  : Aniza Pujiati
Jumlah halaman           : 216


Jeff Kinney adalah seorang desainer game, penulis, kartunis, sutradara, dan produser asal Amerika kelahiran 19 Februari 1971. Salah satu karangannya Diary Si Bocah Tengil dan telah di angkat ke layar lebar pada tahun 2010. Beliau juga muncul di dalam film tersebut menjadi Ayah dari Holy Hills. Berkat novel ini Jeff Kinney mendapatkan penghargaan Nickelodeon Kids Choise Award dengan kategori buku favorit.
Buku Diary Si Bocah Tengil ini menceritakan tentang keseharian Greg Heffley. Mulai dari Mom Greg ingin Greg menuangkan semua perasaannya di buku harian sehingga Mom membelikannya buku, awalnya ia tidak ingin menuliskannya namun akhirnya dia menyetujuinya karena Greg berfikir seandainya ia menjadi terkenal, maka ia tidak akan menjawab pertanyaan-pertanyaan orang dan buku ini bisa membantu menjawabnya. Greg adalah seorang anak yang baru saja menempuh jenjang sekolah menengah pertama. Ia anak tengah dari 3 bersaudara. Kakak Greg bernama Rodrick yang menyukai Heavy Metal yang membuat telinga kesakitan dan adiknya bernama Manny yang menyebalkan tetapi sangat dimanjakan oleh Mom.
Di sekolahnya yang baru pada sekolah menegah peretama, Greg ingin menjadi seorang yang terkenal namun dengan cara tengilnya, orang-orang di sekolahnya berfikir bahwa dia sangat aneh sehingga tidak ada orang yang mau berteman dengannya kecualo Rowley.  Rowley adalah seorang anak dan memiliki sifat kekanak-kanakan. Terkadang Greg menghindari Rowley, karena ia sering membuat Greg jengkel nam un tetap saja Greg tetap berteman dengan Rowley karena ia kasihan kepadanya. Rowley dan Greg selalu melakukan hal yang aneh selama tahun ajaran baru hingga tahun ajaran selesai, dan selalu mendapatkan kesialan.
 Cerita ini bertema keseharian hidup dengan alur yang maju yang menarik dan penggambaran tokoh cerita yang unik. Karakter Greg Heffley yang jail dan menyebalkan, karakter Rowley yang sangat kekanak-kanakan, karakter Rodrick yang jail dan egois, serta karakter Manny yang egois. Dalam menulis novel ini, penulis menggunakan sudut pandang orang pertama. Gaya bahasa yang digunakan dalam novel ini mengikuti perkembangan zaman sekarang sehingga mudah dimengerti.
Secara keseluruhan novel ini memiliki cerita yang menarik dan alurnya tidak membosankan sehingga pembaca ingin membaca buku ini hingga akhir. Bahasanya ringan, sehingga mudah memahami isi novel. Cover novel ini sangat menarik karena adanya tulisan yang timbul dan mengkilap. Novel ini juga dirancang seperti buku harian, bu ini dilengkapi dengan garis-garis di setiap halamannya, juga font yang mirip dengan tulisan anak sekolahan, disertai ilustrasi kartun yang menarik. Buku ini juga dilengkapi pembatas buku sehingga membantu pembaca dalam memberi batas bacaan.
Akan tetapi, beberapa ilustrasi yang ada di dalam novel ini menggunakan adegan yang kasar seperti menonjok, membully, dan menendang. Begitupula dengan kertas yang tipis dan bewarna krem pucat, sehingga mudah sobek dan terlihat kotor.
Novel ini cocok dibaca untuk kalangan remaja ke atas. Novel ini juga banyak memliki nilai moral seperti tentang bagaimana Greg dan Rowley bersahabat dan memperbaiki hubungan mereka saat sedang ada dalam masalah serta cara menghormati orang yang lebih tua.


IDENTITAS PENULIS


Nama                           : Adzra Cakrawarti Anindita
Asal Sekolah               : SMA Negeri 6 Yogyakarta
Alamat Sekolah           : Jl. C. Simanjuntak 2, Yogyakarta
Kelas                           : XI IPA 7
No. Presensi                : 01
Alamat Rumah            : Griya Sidikan Asri A-1, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta.
Alamat Email              : adzraanindita@gmail.com
No. Hp                        : 087839975070


1 komentar:

  1. Harrah's Resort Southern California - Coyote Pass
    Located 크루즈베컴 in San Diego, Harrah's pktechworld.com Resort Southern 바카라안전사이트 California has 5,000 square bet365 우회 주소 feet of gaming floor complete with more than 1,300 slots, video 실시간 스포츠 스코어 poker machines,

    BalasHapus